Berbagi Ilmu Pengetahuan, selamat melihat semoga bermanfaat

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

Sejarah Internet Indonesia

Author Unknown - -
Home » Sejarah Internet Indonesia

Sejarah Internet Indonesia
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal 1990-an. Pada saat itu internet di Indonesia lebih dikenal sebagai jaringan komunitas, dimana semangat kerjasama, saling membantu dan keluarga sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Indonesia di Internet dan pengembangan merasa komersial dan individu dalam beberapa kegiatan, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak tahun 1988, ada pengguna awal yang memanfaatkan Internet di Indonesia CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
Indonesia awal Internet
Berdasarkan ARIN dan APNIC whois catatan, protokol Internet (IP), yang pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo beberapa nama legendaris di awal pembangunan Internet di Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing memiliki keahlian pribadi mengontribusikan dan dedikasinya dalam membangun jaringan rekaman sejarah di komputer Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "murah jaringan komputer menggunakan radio" [1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di majalah Himpunan Mahasiswa Elektro ITB Elektron pada tahun 1989.Internet Service Provider Indonesia
Sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. Indonet Indonesia adalah komersial pertama ISP. Pada saat itu POSTEL tidak tahu tentang celah-celah bisnis Internet & masih sangat sedikit pengguna internet di Indonesia. Awal koneksi ke Internet menggunakan dial-up dilakukan oleh IndoNet, sebuah langkah yang mungkin cukup putus asa. Lokasi IndoNet masih di Rawamangun di fakultas UI kompleks, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses Indonet awal dalam modus teks penggunaan awal dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.
Dari tahun 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan akses Telnet ke luar negeri. Dengan menggunakan remote browser Lynx di AS, pengguna Internet di Indonesia dapat mengakses Internet (HTTP).
Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang saling mendukung satu sama lain dan menghasilkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce untuk membangun masyarakat di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.Rekaman perkelahian IT & Internet Indonesia
Cuplikan dan catatan sejarah perjuangan Indonesia Internet bisa dibaca di Wikibook Sejarah Internet Indonesia [2] di internet ada hal-hal yang berguna seperti informasi, pendidikan artikel dllAwal Internet pengguna di seluruh CIX dan Compuserve
Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan newsgroup. Orang menawarkan akses ke layanan HTTP dan FTP. Beberapa pengguna internet menggunakan modem 1200 bps dan saluran telepon sangat mahal untuk akses Internet internasional. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan e-mail dan newsgroup ini, HTTP / FTP. Beberapa pengguna Compuserve untuk menggunakan modem yang terhubung ke Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.